480 views
Home 12 Berita 12 Siswa SMP Al Kautsar Mendapat Sosialisasi dari Satlantas

Siswa SMP Al Kautsar Mendapat Sosialisasi dari Satlantas

Anggota Satlantas Lampung dan Kepala Sekolah SMP Al Kautsar

Anggota Satlantas Lampung dan Kepala Sekolah SMP Al Kautsar

SMP Al Kautsar – Tingginya pelanggaran lalulintas oleh siswa usia sekolah lanjutan tingkat menengah (SMP) menimbulkan keprihatinan di kalangan pendidik. Menanggapi hal itu, Satlantas Provinsi Lampung tergerak memanfaatkan moment upacara bendara setiap hari Senin dengan mengisi kegiatan sosialisasi tata tertib berlalu lintas kepada siswa-siswi.

polisi a

Anggota Satlantas Lampung berfoto bersama dewan guru dan petugas upacara

Pada upacara bendera senin (16/3) siswa-siswi SMP Al Kautsar mendapat giliran kunjungan dari Satlantas Provinsi Lampung. Upacara diikuti oleh seluruh siswa-siswi dari kelas VII sampai kelas IX secara tertib. Bripka Ahmad Sulhan yang bertindak sebagai pembina upacara mengatakan sosialisasi tersebut dilakukan agar para pelajar mendapat pemahaman tentang berlalu lintas yang baik dan benar. Selain itu, kepada siswa dihimbau untuk tidak membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor sebelum memiliki Surat izin Mengemudi (SIM).

Bripka Ahmad Sulkan memberikan sosialisasi pada saat upacara bendera

Bripka Ahmad Sulkan memberikan sosialisasi pada saat upacara bendera di SMP Al Kautsar

Bripka Ahmad juga menambahkan bahwa menyalakan lampu disiang hari merupakan kewajiban karena aturan itu sudah disahkan berdasarkan UU No.22 Tahun 2009 tentang lalulintas. Hal itu sangat penting, karena menyalakan lampu akan menjadi tanda bagi pengemudi lain pada saat berpapasan sehingga mempermudah untuk medeteksi keberadaan motor lain. “Ini adalah program rutin kami dan merupakan bentuk kepedulian akan keselamatan berlalu lintas. Kami memberikan penyuluhan tentang bagaimana tertib berlalu lintas, mengenalkan rambu-rambu, dan juga bagaimana berperilaku disiplin berlalu lintas di jalan,” tambahnya.

Bripka Ahmad menegaskan, bagi siapa saja yang melanggar akan dikenai sanksi baik berupa denda atau kurungan, oleh karena itu ia menghimbau kepada seluruh siswa SMP Al Kautsar untuk mematuhi peraturan yang berlaku.

Kepala Sekolah Dra. Hj. Sri Purwaningsih menyambut baik agenda sosialisasi dari Satlantas, menurutnya anak-anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) memang masih dalam tahap perkembangan sehingga cara berfikirnya masih labil dan masih perlu diingatkan terus-menerus. Sri Purwaningsih berharap dengan adanya sosialisasi ini akan menambah kesadaran siswa-siswi untuk tertib berlalulintas.

One comment

  1. makasih gan 😀 detail banget deh artikelmu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*