37 views
Home 12 Berita 12 Sambut Ramadhan, Guru SMP Al Kautsar Adakan Pengajian

Sambut Ramadhan, Guru SMP Al Kautsar Adakan Pengajian

Pengajian rutin bulanan guru dan karyawan SMP Al Kautsar, kali ini diisi dengan pengajian menyambut bulan Ramadhan.

Pengajian digelar di salah satu rumah guru, Fatoni Latif, di Jalan Betik Gawi VII, Sukajaya, Rajabasa, Bandar Lampung, Rabu (28/2/2024).

Pengajian bertema Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan dengan Semangat Bulan Ramadhan diisi tausiyah dari Ustadz Abdullah Kafy Hamdan.

Ketua Majlis Ta’lim SMP Al Kautsar, Kismanto mengatakan pengajian diikuti oleh puluhan guru dan karyawan SMP Al Kautsar. Menurutnya, kegiatan pengajian ini merupakan kegiatan rutin bulanan majlis ta’lim SMP Al Kautsar yang dilaksanakan secara bergilir di rumah-rumah guru dan karyawan.

“Tujuannya tentu saja selain menambah pemahaan keislaman, juga mempererat silaturahmi dengan saling berkunjung ke rumah guru dan karyawan,” ujar Kismanto.

Dia mengatakan, pada pengajian bulan ini bertepatan dengan menyambut bulan Ramadhan. Oleh sebab itu, tema pengajian tentang mempersiapkan diri menyambut Ramadhan dengan penuh semangat keimanan dan ketakwaan.

Sementara itu, Ustadz Abdullah Kafy Hamdan menyatakan, Allah menyeru dan mengundang secara khusus hamba-hamba-Nya yang beriman untuk berpuasa.

“Allah menyeru ‘Hai orang orang yg beriman diwajibkan bagi kalian berpuasa sebagaimana puasa diwajibkan kepada orang orang beriman sebelum kalian, agar kamu bertakwa,” kata Kafy Hamdan.

Dia menjelaskan, Allah memerintahkan ibadah puasa kepada orang-orang yang beriman dengan tujuan untuk menjadi pribadi yang bertakwa.

Ustadz Kafy Hamdan menguraikan, ada tiga hal yang harus dilakukan dalam ibadah Ramadhan. Pertama, menundukkan hawa nafsu ; kedua, menjadi pribadi yang kuat karena pada Ramadhan kita mampu mengalahkan godaan setan. Ketiga, Ramadhan mengajarkan kita untuk memiliki keikhlasan yang utuh.

“Seandainya tiga hal ini terus kita lakukan di luar-luar bulan Ramdhan, maka kita akan menjadi orang yang hebat,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*