112 views
Home 12 Berita 12 Perpisahan Peserta Didik Kelas IX T.P. 2023/2024 SMP Al Kautsar Berjalan Dengan Meriah

Perpisahan Peserta Didik Kelas IX T.P. 2023/2024 SMP Al Kautsar Berjalan Dengan Meriah

Jajaran Pimpinan dan Wali Kelas 9

Ketua Yayasan Al Kautsar, Wagiso menekankan kepada para lulusan SMP Al Kautsar Angkatan ke-30 Tahun Pelajaran 2023/2024 untuk memegang teguh 5 karakter baik yang menjadi penentu kesuksesan di masa depan, yaitu kejujuran, disiplin keras, pandai bergaul, kerja keras dan mencintai apa yang menjadi profesinya.

Menurut Wagiso, kesuksesan seseorang tidak ditentukan oleh IQ atau kecerdasan intelektual, tetapi lebih ditentukan oleh karakter. Berdasarkan hasil survei Thomas J Stanley terhadap 733 milyuner di Amerika Serikat diperoleh 100 besar penentu kesuksesan seseorang dalam bekerja. Sepuluh besarnya adalah interpersonal skill atau karakter baik. Sepuluh teratas adalah kejujuran, disiplin keras, mudah bergaul, dukungan pendamping, kerja keras, kecintaan pada apa yang dikerjakan, kepemimpinan, kepribadian kompetitif, hidup teratur, dan kemampuan menjual ide.

“Walaupun kalian tidak juara secara akademik, tapi dengan memegang teguh lima karakter baik, yaitu jujur, disiplin, pendai bergaul, kerja keras, dan mencintai profesi yang dikerjakan, maka Insyaallah kami doakan anak-anakku menjadi anak-anak yang sukses,” kata Wagiso saat memberikan sambutan pada acara Perpisahan SMP Al Kautsar, Kamis, 16 Mei 2024.

Bapak dan Ibu Dewan Guru SMP Al Kautsart

Acara Perpisahan SMP Al Kautsar dihadiri oleh para Pembina Yayasan, Pengawas Yayasan, Pengurus Yayasan, kepala unit TK, SD, SMP, dan SMA Al Kautsar, serta para orang tua dan wali murid kelas 9 dan tamu undangan. Turut hadir Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto.

Wagiso mengucapkan terimakasih kepada para orangtua dan wali murid yang telah mempercayakan pendidikan anak mereka di SMP Al Kautsar. Bahkan, dari anak-anak mereka ada yang sejak TK dan SD sudah di Al Kautsar.
Dia menyatakan, Yayasan Al Kautsar sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan layanan terbaik dengan meningkatkan kualitas SDM guru. Menurut Wagiso, setiap tahun, Yayasan Al Kautsar memberikan beasiswa bagi 3 guru untuk menempuh pendidikan S-2 dan pelatihan rutin. Sarana dan prasarana juga terus dilengkapi, serta melakukan perbaikan kurikulum.

“Sudah dua tahun ini, Al Kautsar menerbitkan buku Adab Al Kautsar yang tujuannya untuk mencetak generasi cerdas dan berkualitas, baik kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan moral,” ujarnya.

Wagiso juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang selama ini telah mendukung kemajuan Al Kautsar.

“Wabilkhusus kami ucapkan terimakasih kepada Pak Fahrizal Darminto telah hadir pada acara ini. Beberapa waktu lalu, beliau memotivasi agar Al Kautsar punya Indoor Spot Center. Alhamdulillah, saat ini sedang berlangsung pembangunannya, baru mencapai 40%, target kami pada 2025 nanti mudah-mudahan sudah bisa difungsikan,” kata Wagiso.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto mengatakan dari salah satu siswa yang diwisuda hari ini adalah anaknya yang keempat, sehingga kehadirannya saat ini adalah sebagai orang tua siswa.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada perguruan Al Kautsar karena anak saya empat, semuanya mengenyam pendidikan di perguruan Al Kautsar,” kata Fahrizal.

Anak pertamanya, mulai TK, SD, SMP, dan SMA di Al Kautsar dan diterima di Univeritas Padjajaran jurusan Akuntansi dan mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan di Prancis. Anak keduanya, alumni TK dan SD Al Kautsar dan diterima di Universitas Padjajaran jurusan Hukum, saat ini menjadi pengacara di Jakarta. Anak ketiga, sekarang di SMA Al Kautsar naik kelas 12, dan yang bungsu hari ini diwisuda sebagai lulusan SMP Al Kautsar.

“Sabagai warga masyarakat dan sebagai orang tua, saya sangat bangga dengan yayasan Al Kautsar, dan mewakili pemerintah saya juga sangat bangga dengan eksistensi Yayasan Al Kautsar yang telah memberi kontribusi sangat besar bagi upaya kita membangun anak bangsa, sesuai visi Al Kautsar Unggul, Islami dan Global,” kata Fahrizal.

Dia menilai visi Al Kautsar merupakan visi yang sempurna karena mencakup seluruh aspek kehidupan dan memiliki wawasan jauh ke depan. Visi unggul bahwa siswa harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, visi Islami bahwa siswa harus memiliki karakter Islami sehingga menjadi makhluk sempurna sehingga siap terjun dan bersaing di era global.

Menurut Fahrizal, Pemerintah mulai dari tingkat kabupaten/kota dan provinsi juga memprioritaskan pembangunan pendidikan, ini merupakan amanat konstitusi. Salah satu misi negara kita adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Di situ ada peran Lembaga pendidikan.

“Kita yakin, Yayasan Al Kautsar bukan hanya memberikan materi-materi pendidikan yang standar, tapi lebih dari itu membangun siswa-siswa kita yang berkarakter Islami,” ujarnya.

Sementara, Kepala SMP Al Kautsar, Rudiyanto mengatakan pada hari ini ada 274 siswa kelas 9 yang diwisuda. Para siswa sempat selama 1,5 tahun belajar secara online karena Pandemi Covid-19. Melalui pembelajaran online, SMP Al Kautsar terus berusaha secara maksimal memberikan pelajaran yag terbaik kepada siswa.

“Terbukti bahwa kalian semakin berkompeten dalam memanfaatkan dan menggunakan teknologi informasi. Seiring dengan meredanya wabah Covid-19, pada kelas 8 dan kelas 9, pembelajaran Kembali dilakukan tatap muka sehingga pembelajaran dapat optimal.

Dia mengatakan, para dewan guru telah membekali dan membimbing siswa dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta ilmu agama, diantaranya melalui pembiasaan membaca Al-Quran, shalat lima waktu, penerapan Adab Al Kautsar, kegiatan ekstrakurikuler, pesantren kilat, MPLS, Orientasi Disiplin Siswa, Orientasi Gabungan dan lainnya. Sejak Tahun Pelajaran 2022/2023, SMP Al Kautsar juga telah membuka program Kelas Khusus Tahfiz, yang memadukan kurikulum nasional dan kurikulum tahfiz. Para siswa kelas Tahfiz sudah ada yang memiliki hapalan hingga 8 juz.

Rudi mengucapkan terimakasih kepada para siswa yang telah menyumbang banyak prestasi untuk SMP Al Kausar. Tercatat sejak Juli 2023 hingga Mei 2024 telah terkumpul 99 medali dengan rincian 2 medali tingkat kota, 66 medali tingkat provinsi, 30 medali tingat nasional, dan 1 medali tingkat internasional.

“Kami juga mengucapkan selamat kepada siswa-siswi kelas 9 yang telah diterima di sekolah-sekolah favorit pilihan kalian, diantaranya 58% diterima di SMA Al Kautsar. SMA Al Kautsar merupakan sekolah terbaik pertama di Provinsi Lampung versi LPMPT, juga ada yang diterima di SMA Pradita Dirgantara yang merupakan SMA terbaik ke 3 tingkat nasional,” kata Rudi.

Diakhir sambutannya, Rudi berpesan agar para lulusan SMP Al Kautsar menjaga nama baik almamater Al Kautsar, dan tetap menjadi pribadi yang baik, berbudi pekerti yang luhur, taat kepada orangtua dan guru, serta berguna bagi bangsa dan negara.

Berikut ini Foto-foto siswa-siswi bersama wali kelas dan jajaran pimpinan SMP Al Kautsar mulai dari 9A sampai 9I

Kelas 9A
Kelas 9B
Kelas 9C
Kelas 9D
Kelas 9E
Kelas 9F
Kelas 9G
Kelas 9H
Kelas 9I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*