197 views
Home 12 Berita 12 Peringati Hardiknas, Waka Kesiswaan SMP Al Kautsar Bacakan Pidato Mendikbud Ristek

Peringati Hardiknas, Waka Kesiswaan SMP Al Kautsar Bacakan Pidato Mendikbud Ristek

SMP Al Kautsar ikut memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2022 yang digelar pada Jumat (13/5/2022). Peringatan Hari Pendidikan Nasional di SMP Al Kautsar diawali dengan shalat dhuha bersama, pembacaan Asmaul Husna, dan doa bersama. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Al Kautsar, Mery Oktarina di depan ratusan siswa yang berkumpul di plaza sekolah.

Dalam pidatonya, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengatakan, banyak tantangan yang dihadapi selama pendemi Covid-19, dan terbukti, dunia pendidikan di Indonesia mampu melaluinya. Bahkan, Kurikulum Merdeka Belajar yang awalnya berupaya membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.

“Kini Kurikulum Merdeka Belajar sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak-anak Indonesia sudah belajar dengan lebih baik, menyenangkan, dan memerdekakan,” tutur Mery Oktrina membacakan pidato Mendikbud Ristek.

Semua perubahan positif yang diusung dalam gerakan Merdeka Belajar, tidak hanya dirasakan oleh para orang tua, guru, dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presidensi Indonesia di konferensi tingkat tinggi G20.

“Tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia.”

Usai membacakan pidato Mendikbud Ristek, Mery melanjutkan penyampaian informasi tentang kegiatan SMP Al Kautsar kepada para siswa. Menurut dia, kegiatan belajar mengajar masih berlangsung selama dua minggu lagi sebelum dilaksanakannya Penilaian Akhir Tahun (PAT).

“Jadi selama dua minggu, berarti ada dua Jumat, setiap Jumat kita melaksanakan shalat dhuha bersama, jangan lupa membawa peralatan shalat. Jadi semua siswa harus bersiap, tidak perlu lagi menunggu disuruh-suruh oleh guru,” kata Mery.

Mery juga menyampaikan perubahan jadwal pembelajaran di sekolah. Jika selama masa transisi pandemi Covid-19, siswa masuk pukul 7.30 WIB dan pulang pukul 11.00 WIB, maka mulai Selasa (17/5/2022), jam belajar di sekolah diperpanjang sehingga siswa pulang pukul 14.00 WIB.

“Selama ini kalian kan menanti-nanti kapan sih sekolah, sudah bosan di rumah, dua tahun di rumah saja. Alhamdulillah mulai tanggal 17 Mei kalian akan lebih banyak di sekolah,” ujar Mery. Dia mengingatkan siswa untuk membawa perlengkapan shalat, sendal, dan bekal makan siang.

Menurut Mery, metode pembelajaran yang selama ini mengutamakan daring, secara perlahan akan kembali normal dan dilaksanakan offline secara penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*