41 views
Home 12 Berita 12 Gelar Sanlat Ramdahan Untuk Memupuk Keimanan Siswa

Gelar Sanlat Ramdahan Untuk Memupuk Keimanan Siswa

SMP Al Kautsar menggelar pesantren kilat (Sanlat) Ramadhan 1445 Hijriyah bagi 294 siswa kelas 8 selama tiga hari, Senin-Rabu, 25-27 Maret 2024.

Pembukaan Sanlat dilaksanakan di Masjid Kampus Al Kautsar. Diawali dengan shalat dhuha dan zikir bersama.

Kegiatan Sanlat dibuka oleh Kepala SMP Al Kautsar, Rudiyanto. Dia mengatakan, Sanlat Ramadhan merupakan agenda rutin setiap tahun yang wajib diikuti oleh siswa kelas VIII. Bagi yang tidak lulus, maka harus mengulang di sanlat tahun depan.

“Oleh karena itu ikuti sanlat ini dengan sangat baik dari awal sampai selesai,” kata Rudi.

Rudi menekankan, sanlat di bulan puasa ini merupakan kesempatan bagi peserta untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahuwata’ala, dimana Allah akan melipatgandakan pahala di bulan suci Ramadhan ini.

“Kita hidupkan momen Ramdhan ini dengan berzikir, berdo’a, membaca Al Quran, bersedekah dan melaksanakan qiyyamul lail, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa kita,” tuturnya.

Menurut Rudi, Sanlat Ramadhan ini bertujuan membentuk siswa-siswi dan satriawan-santriawati menjadi generasi yang memiliki keilmuan agama Islam, ketakwaan kepada Allah yang akhirnya membentuk generasi sholeh dan sholehah.

“Bapak harapkan, ketika keluar dari persantren kilat ini, siswa-siswi semua menjadi pribadi yang lebih baik,” kata Rudi.

Beberapa materi yang disampaikan dalam Sanlat Ramadhan adalah adab salam, adab kepada orang tua, adab kepada guru, adab terhadap teman, aqidah (ibrah kisah sahabat).

Para peserta juga melaksanakan shalat wajib lima waktu berjamaah, shalat tarawih, tadarus dan setoran hapalan dzikir dan doa.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan pembagian paket sembako secara simbolis kepada internal Al Kautsar seperti petugas kebersihan, dan satpam. Paket sembako tersebut merupakan sumbangan dari siswa-siswi SMP Al Kautsar kelas 7, 8, dan 9.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*