37 views
Home 12 Berita 12 Antusiasme Peserta Pada Ajang AK Event XIII Menunjukan Kesuksesan Acara

Antusiasme Peserta Pada Ajang AK Event XIII Menunjukan Kesuksesan Acara

Al Kautsar (AKA) Event ke-XIII yang digelar SMP Al Kautsar diikuti oleh 1.258 pelajar SD/MI se Provinsi Lampung. Ada 13 cabang lomba yang akan diikuti peserta selama dua hari pelaksaan AKA Event, Selasa – Rabu (23-24 Januari 2024), di sekolah setempat.

Ketua Panitia AKA Event, Gea Arrasya mengatakan sebanyak 1.258 peserta berasal dari SD/MI Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Selatan, Metro, Pesawaran, Pringsewu, dan Bandar Lampung.

Ada 13 lomba yang dilaksanakan, diantaranya olimpiade PAI, Da’i, Tahfidz, dan MTQ, lomba bercerita Bahasa Indonesia, pidato Bahasa Lampung, solo song, futsal, rangking 1, LCT matematika dan sains, senam pramuka dan PBB.

“Acara ini terlaksana dari dukungan semua pihak, untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada semua dewan guru, teman-teman panitia, dan siswa-siswa peserta lomba, serta para guru pendamping,” kata Gea.

Kepala SMP Al Kautsar Rudiyanto mengatakan, AKA Event merupakan kegiatan rutin yang juga merupakan rangkaian Milad ke-32 Yayasan Al Kautsar.

“Mari jadikan acara ini untuk mempererat silaturahmi sekaligus menjadi media bagi para siswa untuk meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik,” kata Rudiyanto.

Menurutnya, AKA Event tahun ini mengangkat tema “Dedikasi dan Inovasi Tiada Henti Untuk Raih Prestasi Agar Selalu di Hati” karena Al Kautsar ingin menjadi bagian dalam melahirkan generasi yang baik. Dia berharap peserta mengikuti lomba secara sportif, jujur dan berintegritas.

Rudiyanto juga menyampaikan bahwa SMP Al Kautsar sudah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jalur Unggul dan Plus mulai tanggal 10 Januari hingga 31 Januari. Lalu kelas tahfidz mulai dibuka mulai 20 Januari sampai 15 Februari, dan pendaftaran jalur reguler dibuka 20 Januari hingga 28 Februari.

“Kepada orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya ke SMP Al Kautsar bisa segera mendaftarkan ke sekretariat PPDB yang ada di kantor yayasan Al Kautsar,” tutur Rudiyanto.

Sementara, Ketua Yayasan Al Kautsar Wagiso mengatakan, kegiatan AKA Event ini bertujuan memotivasi anak-anak belajar, giat berlatih, dan memacu prestasi baik di bidang akademik dan non-akademik. Ajang ini juga membangun karakter anak didik, seperti disiplin waktu dan mematuhi peraturan lomba.

“Dengan kegiatan ini mudah-mudahan membantu anak-anak seusia SD ini bisa punya karakter lebih baik,” ujar Wagiso.

Menurutnya, AKA Event juga melatih mental dan menguji kemampuan para siswa yang selama ini telah tekun belajar dan rajin berlatih.

“Ajang ini juga bermanfaat bagi para siswa SMP Al Kautsar, dalam melatih para siswa Osis SMP Al Kautsar dalam melaksanakan even yang baik, belajar bertanggung jawab, berkomunikasi, bekerja sama dan memecahkan masalah,” kata Wagiso.

Sebab, lanjutnya, orang-orang sukses itu bukan hanya karena nilai rapornya baik, nilai ijazahnya baik, tetapi juga karena kemampuan organisasinya baik.

“Melalui event ini, kami juga mencari bibit-bibit unggul, jadi bagi para peserta lomba akademik baik perorangan maupun beregu yang mendapat juara 1 akan diterima langsung di SMP Al Kautsar tanpa tes,” ujar Wagiso.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*