Home 12 Berita 12 Tim SMP Al Kautsar Raih Best Design Roboline

Tim SMP Al Kautsar Raih Best Design Roboline

Siswa-siswi SMP Al Kautsar peserta lomba robotik

Siswa-siswi SMP Al Kautsar peserta lomba robotik

Tim SMP Al Kautsar yang terdiri dari R Salwa Arundati, Syaisya Andriani, Nabila Raihani, Salsabila Dwita Suyarto, M Hanif Zulfi Abdillah, M Azka Obila, dan Ahmad Razzaq Firmansyah berhasil meraih juara Best Desain di ajang Roboline Followers Contes se Sumbagsel.

Kontes Robotik ini digelar oleh Himpunan Mahasiswa IBI Darmayaja pada 2—4 Mei lalu di kampus setempat. Guru pembimbing tim robotik Sudaryanto mengatakan, tim SMP Al Kautsar mendesain robot sendiri menggunakan bahan dari triplek, sementara peserta lain menggunakan kit robot buatan pabrik. “Ini menjadi keunggulan tim kami, alhamdulillah akhirnya meraih best design,” kata Sudaryanto.
Sementara itu, pembina karya ilmiah remaja (KIR) Fatoni Latif mengatakan ajang Kontes Robotik ini termasuk dalam kegiatan KIR. Dan, tim yang dikirim juga merupakan anggota KIR. “Para siswa rutin mengikuti berbagai praktik Basic Technology Education (BTE),” ujarnya.
Sementara itu, salah satu anggota tim robotik SMP Al Kautsar Hanif mengatakan dia bersama tim merancang program robot yang dapat membaca garis hitam atau putih. Dalam perlombaan, robot yang sudah diprogram tersebut akan berjalan menyusuri garis putih yang dibuat lurus, zig-zag, memutar dan menanjak. “Intinya robot itu diprogram untuk membaca garis hitam atau putih sesuai program,” kata Hanif. Menurut dia, hal yang dinilai oleh juri adalah kecepatan, design, dan algoritma.
Dia mengatakan, mereka mendesain dan merakit robot menggunakan triplek, selanjutnya robot diberi chip yang sudah diprogram untuk membaca garis. “Aplikasi program ini bisa didownload di internet atau dibeli lewat CD,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*