Home 12 Berita 12 SMP Al Kautsar Sambut Tahun Baru Islam dengan Khataman Al Quran

SMP Al Kautsar Sambut Tahun Baru Islam dengan Khataman Al Quran

Ratusan siswa SMP Al Kautsar mulai kelas VII—IX bersama guru dan karyawan SMP Al Kautsar bersama-sama mengkhatamkan Alquran menyambut 1 Muharram 1438 Hijriyah.

Kepala SMP Al Kautsar Sri Purwaningsih mengatakan kegiatan khatam quran ini dilaksanakan agar para siswa semakin dekat dengan alquran. “Kita menyambut pergantian tahun hijriyah dari 1437 ke 1438 hijriyah harus diikuti semangat untuk menjadi lebih baik, meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia,” kata Sri Purwaningsih, ditemui di sekolah, Sabtu (1/10).
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Al Kautsar Choirul Saleh mengatakan secara teknis, pelaksanaan katam quran dibagi setiap kelas menyelesaikan satu juz. “Jadi ini ada 25 kelas, jadi sudah 25 juz, sedangkan sisanya 5 juz dibagi kepada guru dan karyawan SMP Al Kautsar sehingga semua selesai 30 juz,” kata Choirul Saleh.
Kegiatan membaca alquran dimulai pukul 7.30 hingga 8.30. Usai katam quran, para siswa mendengarkan tausiyah dan perenungan yang dilanjutkan dengan doa bersama dibimbing oleh Rizal Efendi.
Choirul Saleh menjelaskan, sebagai implementasi visi Islami di perguruan Al Kautsar, maka siswa SMP diwajibkan hapal juz 30. Untuk itu, bagi siswa kelas VII dan VIII diikutikan bimbel wajib tilawah quran setiap dua kali seminggu. “Kalau kelas VII setiap Selasa dan Kamis, kelas VIII setiap Senin dan Rabu. Selama dua tahun itu diharapkan setiap siswa minimal hapal juz 30,” ujarnya.
Selain kegiatan katam quran, lanjut Choirul Saleh, rangkaian kegiatan mengisi tahun baru Islam akan dilanjutkan pada 15 Oktober berbarengan dengan Peringatan Bulan Bahasa lewat berbagai perlombaan. Menurutnya, sebenarnya lomba-lomba digelar kemarin, tapi guru dan siswa sudah bersiap menghadapi ujian MID semester sehingga ditunda pada 15 Oktober.
“Nanti pada 15 Oktober itu satu hari full seluruh siswa mengikuti berbagai perlombaan seperti LCT PAI, dai cilik, lomba azan, tahfiz, baca puisi, menulis puisi, dan bercerita,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*