Home 12 Berita 12 SMP Al Kautsar Rayakan Kelulusan dengan Sujud Syukur

SMP Al Kautsar Rayakan Kelulusan dengan Sujud Syukur

DSC_0056

Secara resmi, pengumuman kelulusan 304 siswa SMP Al Kautsar di unggah ke website SMP Al Kautsar sejak semalam. Kemarin siang (3/6), seluruh siswa kelas IX tersebut bersama-sama melakukan sujud syukur untuk merayakan kelulusan mereka.
Kepala SMP Al Kautsar, Sri Purwaningsih mengatakan, pelaksanaan sujud syukur dan doa bersama saat kelulusan sudah menjadi tradisi di Al Kautsar sebagai bentuk syukur atas nikmat Allah atas kelulusan para siswa. “Mudah-mudahan budaya Islami yang kalian dapatkan di Al Kautsar ini menjadi habbit dan budaya kalian dimana pun kalian melanjutkan sekolah nanti. Tolong jaga shalat kalian dan ngaji kalian. Mengapa saya bilang ngaji karena mengaji itu tidak sekedar membaca Alquran, tapi memahami isi dan nilai-nilainya serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Sri Purwaningsih sebelum pelaksanaan sujud syukur.
Dia juga mengingatkan kepada siswa bahwa kelulusan ini bukanlah awal kebahagiaan, tapi awal meniti kehidupan yang lebih jauh lagi, setelah lulus dari SMP, maka siswa harus memikirkan untuk memilih SMA atau SMK untuk melanjutkan pendidikan. “Saya ucapkan selamat kepada para siswa yang sudah mendapatkan SMA atau SMK yang diinginkan. Tapi, bagi siswa yang belum mendapatkan sekolah lanjutan, nanti mulai Senin dapat mendaftar di SMA negeri dan SMK negeri, nanti yang akan dilihat adalah nilai UN kalian yang sudah diunggah di dapodik,” ujarnya.

Dia juga berpesan kepada para siswa untuk tidak malu-malu dan sungkan berkonsultasi dengan wali kelas tentang sekolah yang cocok dan sesuai dengan kemampuan serta nilai UN mereka. Dia juga mengimbau para alumni SMP Al Kautsar nanti untuk terus berprestasi di sekolah lain, dan menjaga nama baik almamater. Sri Purwaningsih melarang lulusan SMP Al Kautsar mencoret-coret baju seragam dan berkonvoi kendaraan bermotor di jalanan. “Itu bukan adatnya pelajar Islam, Ibu tegaskan tidak ada yang coret-coret baju dan kebut-kebutan di jalan. Lebih baik baju kalian disumbangkan atau disedekahkan kepada yang membutuhkan,” katanya.

DSC_0072
Usai sambutan dari kepala sekolah, dilanjutkan dengan pelaksanaan sujud syukur dan doa bersama yang dipandu oleh Kabid Pendidikan Agama Yayasan Al Kautsar yang juga guru pendidikan agama Islam SMP Al Kautsar Rizal Effendi. Kemudian, seluruh siswa melakukan sidik jari untuk mengambil surat keterangan lulusan dan rapor. “Untuk pengambilan Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) menyusul, nanti kalian akan dihubungi oleh wali kelas masing-masing,” ujar Waka Kurikulum SMP Al Kautsar Agus Sugiarto.

DSC_0061

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*