Home 12 Berita 12 SMP Al Kautsar raih juara PMR dan LCT PAI

SMP Al Kautsar raih juara PMR dan LCT PAI

Tim PMR SMP Al Kautsar

Tim PMR SMP Al Kautsar

Empat regu Palang Merah Remaja (PMR) SMP Al Kautsar berhasil memboyong juara di ajang Invasi PMR Wira dan Madya se Sumbagsel dan Jawa. Ajang yang diikuti oleh puluhan regu PMR dari berbagai sekolah di Sumbagsel dan Jawa ini digelar oleh UKM KSR Unit Unila selama tiga ahri, 16—18 September.

Guru Pembina Ekskul PMR SMA Al Kautsar Joko Triyanto mengatakan ada enam regu yang dikirim untuk mengikuti ajang PMR yang dihelat di kampus Unila. Dari enam regu tersebut, masing-masing empat regu berhasil meraih Juara III Penampungan Sementara, Juara Harapan I Pertolongan Pertama Putra, Juara Harapan I Pertolongan Pertama Putri, dan Juawa Harapan II Perawatan Keluarga.

“Kami targetkan ke depan, para regu PMR SMP Al Kautsar ini dapat meraih prestasi yang lebih baik. Insyaallah tahun 2017, kami akan ikutkan beberapa regu di ajang PMR tingkat nasional memperebutkan piala Ketua MPR,” kata Joko saat ditemui di ruang guru SMP Al Kautsar, Senin (19/9).

Tim SMP Al Kautsar sedang mendirikan tenda pada saat lomba di Unila

Tim SMP Al Kautsar sedang mendirikan tenda pada saat lomba di Unila

Menurutnya, beberapa tahun lalu, PMR SMP Al Kautsar berhasil merebut piala bergilir Ketua MPR selama tiga tahun berturut-turut hingga menjadi piala tetap.

“Semoga tahun depan, prestasi yang sama dapat diraih kembali,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk lomba penampungan sementara, satu regu terdiri dari 12 anggota. Mereka ditantang menyelesaikan pembuatan tenda besar dalam waktu maksimal 20 menit. “Selain ketepatan waktu, juga dilihat kerapihan, kekompakan dan kerjasama tim,” kata Joko.

Sedangkan, untuk lomba pertolongan pertama, satu regu terdiri dari enam anggota yang berbagi tugas sebagai pimpinan regu, korban, serta pembuat dan pemanggul tandu darurat.

Joko menjelaskan, PMR merupakan salah satu ekstrakurikuler di SMP Al Kautsar. Para siswa sudah diseleksi sesuai minat bakat pada saat kelas VII. Selanjutnya, dilakukan latihan rutin ekskul PMR dua kali seminggu, yaitu pada Jumat-Sabtu. “Pelatihan intensif dilakukan dua minggu hingga seminggu sebelum lomba, itu bisa setiap hari latihannya, sepulang sekolah,” kata dia.

Proses pembuatan tandu darurat oleh tim PMR SMP Al Kautsar

Proses pembuatan tandu darurat oleh tim PMR SMP Al Kautsar

Selain meraih juara di ajang PMR, siswa SMP Al Kautsar juga berhasil meraih juara di ajang MTQ Pelajar Tingkat Provinsi yang digelar MAN 1 Bandar Lampung, Sabtu (17/9). Tim LCT PAI yang terdiri dari Fatehhatul Umaroh, Achieva Futura, dan Raihan Ardi berhasil merebut juara III, sedangkan tim LCT PAI yang terdiri dari Rahma Nasya, Aniya Camilia, dan Tiara Maharani berada di posisi Harapan I. Selanjutnya, Annisa Khairani meraih juara Harapan I untuk cabang lomba Kaligrafi.

Berikut ini beberapa foto pada saat pelombaan

TIM Mading B peraih juara harapan 1

TIM Mading B peraih juara harapan 1

TIM Mading A peraih juara III

TIM Mading A peraih juara III

dsc_0317

dsc_0315

dsc_0311

dsc_0298

dsc_0287

dsc_0228

dsc_0209

dsc_0131

dsc_0098

dsc_0078

dsc_0055

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*