Home 12 Berita 12 SMP Al Kautsar Mewakili Lampung dalam ajang Kihajar ketingkat Nasional

SMP Al Kautsar Mewakili Lampung dalam ajang Kihajar ketingkat Nasional

Audreyna menerima piagam dan bingkisan dari perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi

Audreyna menerima piagam dan bingkisan dari perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi

Siswa kelas 9 A SMP Al Kautsar Audreyna Raihan Rachma berhasil meraih juara I Kuis Kita Harus Belajar (Kihajar) tingkat provinsi Lampung. Perolehan ini otomatis mengantarkan Audreyna maju ke Kuis Kihajar tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada OKtober mendatang, di Jakarta.

Kepala SMP Al Kautsar Sri Purwaningsih mengatakan bangga dan senang dengan prestasi yang diraih siswanya. Menurut dia prestasi tersebut tidak lepas dari bimbingan para dewan guru di sekolah. “Alhamdulillah, kami senang siswa kami bisa berprestasi di tingkat provinsi, dan kami harap di tingkat nasional nanti dapat memberikan yang terbaik untuk Al KAutsar maupun untuk Lampung,” kata Sri Purwaningsih, kemarin (19/8).
Sementara itu, guru pendamping SMP Al Kautsar Fatoni Latif mengatakan lomba Kihajar ini dilaksanakan selama dua hari, Senin—Selasa (15—16/8), di Gedung D Lantai 3 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung. Menurut dia, pihak panitia menghadirkan juri dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan.
Toni menjelaskan, pada hari pertama ada 300 peserta yang mengikuti seleksi berupa tes kemampuan umum meliputi mata pelajaran IPA, IPS dan Matematika. Tes dilakukan secara online. “Ada 100 soal yang harus dikerjakan peserta. Pada tahap pertama ini dipilih tiga siswa yang paling banyak benar dalam menjawab soal serta paling cepat waktunya. Jika ada peserta yang jumlah jawaban benarnya sama, maka akan dilihat dari waktunya, siapa yang tercepat dia yang juara,” kata Fatoni.
Menurutnya, pada tahap pertama diperoleh tiga besar untuk tingkat SMP adalah Audreyna dari Al Kautsar, dan siswa dari SMPN 1 Bandar Lampung serta siswa siswa SMP Ar Raihan. Untuk seleksi tahap dua, ketiga siswa tersebut membuat media pendukung pembelajaran dan presentasi makalah. “Audreyna membuat makalan dengan judul “Sampah? Bukan Masalah”, yang menjelaskan pentingnya pengelolaan sampah baik di masyarakat, negara bahkan sekolah,” kata Toni.
Dia memaparkan, Audrey menekankan fokus makalah kepada pengelolaan sampah berbasis 4R yaitu reuse, reduse, recycle, dan replace). “Alhamdulillah Audreyna mendapat nilai tertinggi di tahapan akhir ini dan menjadi juara I tingkat provinsi,” tuturnya.
Selain tingkat SMP, pemerintah provinsi juga mengirimkankan siswa yang meraih juara I tingkat SD, dan SMA ke Kuis Kihajar tingkat nasional.
“SMP Al Kautsar Mewakili Lampung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*