Home 12 Berita 12 Tarik minat siswa berorganisasi dengan demo ekskul

Tarik minat siswa berorganisasi dengan demo ekskul

Salah satu Eksperimen KIR SMP Al Kautsar p[ada saat demo ekskul

Salah satu Eksperimen KIR SMP Al Kautsar pada saat demo ekskul

Selain kemampuan hardskill kemampuan softskill juga sangat diperlukan peserta didik. Hal itu yang berusaha dibangun oleh SMP Al Kautsar dengan menganjurkan para siswa-siswinya mengikuti organisasi disekolah. Untuk menarik minat para siswa baru mengikuti organisasi OSIS SMP Al Kautsar mengadakan agenda demo ekskul dihalaman sekolah pada sabtu, 20 Agustus 2016.

Sebanyak 8 ektrakurikuler mengikuti demo tersebut. Tim Kelompok Ilmiah Remaja melakukan eksperimen gunung meletus, hand flaire, robot dan roket air. Selanjutnya, aktivitas tandu darurat serta pemadaman kebakaran diperagakan oleh tim palang merah remaja (PMR). Tim pramuka memperagakan kegiatan baris berbaris lalu tim seni membawakan tari kipas dan band.

Tandu tanggap darurat yang diperagakan PMR SMP Al Kautsara

Tandu tanggap darurat yang diperagakan PMR SMP Al Kautsara

Kepala SMP Al Kautsar Sri Purwaningsih mengatakan demo ektrakurikuler ini dalam rangka memperkenalkan kegiatan-kegiatan ekskul kepada siswa baru kelas VII. “Setelah melihat demo ini nanti, setiap siswa disarankan untuk memilih satu ekskuln yang diminati,” kata Sri Purwaningsih.

Dia menjelaskan, kegiatan ekskul ini sangat penting untuk mengasah kemampuan soft skill siswa, seperti kepemimpinan, tanggungjawab, kedisiplinan, kerjasama, serta kerja tim.

Sementara itu, Pembina OPPK OSIS SMP Al Kautsar Fatoni Latif mengatakan usai demo ekskul Sabtu lalu, pengurus OSIS sudah menyiapkan blangko pemilihan ekstrakurikuler untuk dibagikan kepada para siswa. “Sejak Senin, blangko itu sudah dibagikan oleh pengurus OSIS ke kelas-kelas,” kata Fatoni.

Blangko itu berisi identitas serta delapan ekskul yang dapat dipilih. Delapan ekskul tersebut yakni KIR (Eksperimen dan Robotik), PMR, Pramuka, Seni (vokal, tari, musik), Olahraga (voli, sepak bola, tekwondo), Rohis, Drumband, dan Kewirausahaan. “Siswa boleh memilih lebih dari satu ekskul,” ujar Toni.

Berikut ini foto-foto kegiatan tersebut

IMG_0379 IMG_0429 DSC_0219 DSC_0274 IMG_0227 IMG_0252

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*