Home 12 Berita 12 SMP Al Kautsar Juara Mading Tingkat Provinsi

SMP Al Kautsar Juara Mading Tingkat Provinsi

IMG_1060

Tim SMP Al-Kautsar tampil apik dalam lomba majalah dinding (mading) tingkat Provinsi Lampung beberapa waktu lalu. Mereka bahkan kembali merebut juara umum dalam acara yang diselenggarakan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) itu.

Guru pembimbing mading SMP Al-Kautsar Fatoni Latif mengatakan, lomba ini digelar dalam rangka HUT Buletin Sukma Polinela. ’’Kami mengirimkan satu tim dari SMP Al-Kautsar, yakni Safira Chika Alyza, Meca Rabdza C.K., Nisrina Athirah Thifal, dan Nabila Fitrianti. Alhamdulillah, tim kami berhasil meraih juara satu, bahkan juara umum,” kata Fatoni kemarin (15/12).

Menurutnya, hal yang dinilai pada lomba mading yang diikuti sekitar 33 peserta se-Lampung itu antara lain isi, desain, dan cara berkomunikasi saat presentasi di depan dewan juri.

Dua kali mengikuti even tahunan Polinela ini, Al-Kautsar selalu menempati podium tertinggi. Fatono berharap tahun depan timnya mampu mempertahankan piala bergilir ini.

Fatoni mengatakan, pembinaan mading di sekolahnya dilakukan dengan terlebih dahulu membentuk tim mading di setiap kelas. Setelah itu, sekolah melombakan mading-mading sekali dalam tiga bulan.

”Dari pembinaan itu, nanti kami bisa memetakan kemampuan dan bakat para siswa. Mading dengan tema, isi, dan desain terbaik akan diberi penghargaan. Jika ada perlombaan mading, kami tinggal memilih para siswa yang berbakat ini dan dibina seminggu sebelum lomba,” paparnya.

Salah satu anggota tim mading SMP Al-Kautsar Chika Alyza menambahkan, pada lomba mading kemarin, mereka mengangkat tema Say No to Cheating. Uniknya, mading karya tim ini dibentuk seperti jendela yang bisa dibuka. ’’Pada cover-nya ada gambar pria dan wanita berkerudung serta ucapan assalamualaikum. Setelah jendela dibuka baru terlihat artikel, puisi, dan cerpen,” katanya.

Menurut dia, artikel utama mengangkat tentang dampak buruk mencontek, ada juga profil Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah (Menbuddikdasmen) Anies Baswedan. Pada mading kreasi tim SMP Al-Kautsar ini juga diwarnai dengan berbagai quotes atau kata-kata motivasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*