88 views
Home 12 Berita 12 SMP Al Kautsar Gelar Reorganisasi OSIS Secara Daring

SMP Al Kautsar Gelar Reorganisasi OSIS Secara Daring

Pemilihan Ketua OSiS SMP Al Kautsar periode 2021/2022 menerapkan sistem demokrasi yang diawali dengan proses seleksi, kampanye/orasi, dan pemungutan suara.

Rangkaian kegiatan berlangsung sejak 23 Agustus hingga 17 September 2021, secara daring.

Amanda Rani Novanza terpilih sebagai ketua OSIS SMP Al Kautsar periode 2021/2022. Lalu, Adzra Ghina Qoribah sebagai Wakil Ketua, Stefani Adinda Rasya sebagai Sekretaris 1, Sekretaris 2 Daffa Attala Putra, Bendahara 1 Ayu Maharani, dan Bendahara 2 Waliy Abdi Putra.

Koordinator Bidang Organisasi, Pengkaderan dan Kepemimpinan, Fatoni Latif mengatakan, awalnya ada 13 peserta yang mendaftar, kemudian dilakukan seleksi pertama, yaitu presentasi di depan pengurus OSIS inti dan Majelis Permusyawaran Kelas (MPK), dilanjutkan dengan wawancara oleh OSIS inti.

“Dari hasil presentasi dan wawancara ini, dipilih enam besar yang selanjutnya mengikuti fit and proper test, dan melakukan orasi di depan seluruh guru dan siswa melalui Zoom,” ujar Fatoni, Minggu (19/9/2021).

Setiap kandidat diberi waktu maksimal 7 menit untuk menyampaikan visi misi. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diajukan oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pembina, guru, dan perwakilan siswa kelas 7 dan 8 kepada masing-masing kandidat.

“Setelah itu dilanjutkan dengan pemilihan ketua OSIS melalui google form. Dari hasil perhitungan suara dan hasil tanya jawab terbuka diputuskan Amanda Rani Novanza sebagai Ketua OSIS SMP Al Kautsar periode 2021/2022,” tutur Fatoni.

Sementara, Waka Kesiswaan, Mery Oktarina saat membuka orasi terbuka, mengingatkan kepada semua kandidat bahwa siapapun yang terpilih menjadi ketua Osis jangan dijadikan tolak ukur keberhasilan karena mereka berenam yang bertarung di mimbar orasi saat ini adalah siswa siswi terpilih.

“Kalian berenam disini saja sudah berhasil, berhasil menunjukkan ke kami bahwa kalian bisa. Kalian adalah siswa siswi terpilih yang akan menjadi pemimpin di masa depan,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*