Home 12 Berita 12 SMP Al Kautsar adakan Orientasi Gabungan di Zona Tempur

SMP Al Kautsar adakan Orientasi Gabungan di Zona Tempur

Peserta Orientasi Gabungan bermain game untuk melatih kerjasama

Peserta Orientasi Gabungan bermain game Human Ladder untuk melatih kerjasama

Sebanyak 450 siswa SMP Al Kautsar mengikuti orientasi gabungan (orgab) di Zona 235 Lapangan Tembak, Kemiling, Bandar Lampung. Orgab dilaksanakan selama dua hari, Sabtu—Minggu (3—4/9).

 Kegiatan orgab dibuka oleh Kepala SMP Al Kautsar Sri Purwaningsih saat pelaksanaan api unggul di hari pertama. Sri Purwaningsih mengatakan kegiatan orgab tersebut bertujuan membangun soliditas tim Osis, ekstrakurikuler dan seluruh siswa agar ke depan dapat mencapai prestasi gemilang.
“Gunakan organisasi intra dan ekstra sekolah sebagai wadah menyalurkan minat, bakat serta mengasah soft skill kalian memiliki kedisplinan, kemandirian, rasa tanggungjawab, serta kompak bersama-sama memajukan prestasi sekolah kita,” katanya.
Penanggungjawab Orgab, Agus Sugiarto merinci 450 peserta terdiri dari 320 kelas VII, 111 kelas VIII, serta 19 siswa kelas IX yang merupakan pengurus Osis lama. Kegiatan di orgab berupa senam pagi, jalan malam, serta permainan-permainan yang mengasah kekompakan dan kerjasama siswa.

“Kegiatan orgab ini sekaligus melantik 320 siswa baru anggota ekstrakurikuler, mereka dilantik langsung oleh kepala sekolah dalam kegiatan api unggun,” ujarnya.
Menurut Agus, sebanyak 32 guru dan unsur pimpinan SMP Al Kautsar ikut terlibat dalam pelaksanaan orgab ini. “Terutama guru pria ikut menginap malamnya,” kata dia.
Beberapa permainan yang dilaksana pada kegiatan tersebut yaitu human ladder, pipa bocor, tali kusut, dan pindah sarung. “Permainan-permainan ini untuk mengasah kemampuan kerjasama dan kekompakan dalam kelompok,” kata salah satu pemandu game Kismanto.
Di hari terakhir, para siswa mendapatkan muhasabah dari Ustaz Ahmad Mudatsir, dilanjutkan dengan penjelasan peraturan dan tata terbit sekolah dari Wakil Kepala Kesiswaaan Choirul Saleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*