Home 12 Berita 12 Seni Nusantara Meriahkan Perpisahan SMP Alkautsar

Seni Nusantara Meriahkan Perpisahan SMP Alkautsar

SMP Al Kautsar-Tarian nusantara seperti sigeh pengunten dan tari saman memeriahkan perpisahan SMP Alkautsar yang dihelat Sabtu (23/5), di plaza SMP Alkautsar.

Acara perpisahan melepas 297 siswa kelas X ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Wagiso, semua kepala unit dan karyawan Alkautsar. Juga dihadiri perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung, Kepala UPT Pendidikan Rajabasa, serta para orangtua siswa dan wali murid.

Tari Sigeh Pengunten SMP Al Kautsar

Tari Sigeh Pengunten SMP Al Kautsar

Sebagai pembuka acara, para tamu undangan ini dipukau dengan tampilan tari sigeh pengunten yang dibawakan oleh tim ekstrakurikuler seni siswa kelas VII dan VIII. Sebagaimana kita ketahui Tari Sigeh Pengunten merupakan tarian tradisional asal lampung yang disuguhkan untuk menyambut tamu agung. Sekapur sirih penari diberikan kepada para tamu. Ibu Samsidar perwakilan Dinas Kota berkesempatan menerima sekapur sirih yang pertama dilanjutkan ketua Yayasan Wagiso, Kepala UPT Bujang Rahman dan Beberapa Kepala Unit di lingkungan Yayasan Al Kautsar.

Penari Memberikan Sekapur Sirih Kepada Pengawas Yayasan Al Kautsar

Penari Memberikan Sekapur Sirih Kepada Pengawas Yayasan Al Kautsar

Pada event perpisahan ini ekskul seni jugan mempersembahkan tari saman yang berasal dari aceh, cetik lampung, kolintang, group band siswa, dan puisi perpisahan siswa. Ekskul rohis melengkapi dengan seni marawisnya.

Samsidar selaku perwakilan Dinas Kota mengaku kagum melihat penampilan siswa-siswi. Menurutnya penampilan siswa-siswi sudah bagus dan sangat menghibur pengunjung. “Untuk setingkat siswa-siswi SMP penampilan ini sudah sangat bagus dan menghibur, apalagi tarian diiringi oleh musik secara langsung bukan dari kaset, sehingga terlihat seperti aslinya”.

Tari Saman SMP Al Kautsar

Tari Saman SMP Al Kautsar

Pembina Ekskul Seni Desi Apriana mengatakan Siswa-siswi yang tampil memang merupakan siswa-siswi yang berminat dan giat berlatih. Sebenarnya latihan sudah dilakukan jauh-jauh hari akan tetapi menjelang hari H lebih intensif.

Ucapan Selamat

Kepala Yayasan Alkautsar Wagiso mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan, terutama para orangtua siswa dan wali murid yang selama ini ikut mendukung berbagai kegiatan di sekolah. “Terimakasih kepada masyarakat dan orangtua yang sudah mempercayakan pendidikan anak-anak mereka di Alkautsar bahkan ada yang mulai sejak TK sampai SMA di Alkautsar. Ini membuktikan kepercayaan masyarakat kepada Alkautsar,” kata Wagiso saat memberikan sambutan.

Sementara Kepala SMP Alkautsar Sri Purwaningsih memberikan ucapan selamat kepada para siswa yang telah mengikuti ujian dengan baik. Bahkan, walaupun pengumuman ujian naasional (UN) dan kelulusan baru dilaksanakan pada 10 Juni nanti, tapi sudah banyak lulusan SMP Alkautsar yang diterima di sekolah-sekolah favorit baik di Lampung maupun Pulau Jawa.

“Selamat kepada siswa yang telah diterima di sekolah-sekolah favorit. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pihak yayasan karena lulusan SMP Alkautsar juga banyak yang diterima di SMA Alkautsar baik melalui jalur unggul, plus ataupun non tes,” kata Sri.

Pada acara ini juga diberikan penghargaan dan uang tunai bagi siswa berprestasi bidang akademik, non akademik, keagamaan, serta siswa penggiat OSIS. Sekretaris Panitia Pelaksana Perpisahan Fatoni mengatakan persiapan acara perpisahan ini dilakukan sekitar satu bulan. “Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan lancar,” katanya.

“Seni Nusantara Meriahkan  Perpisahan SMP Alkautsar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*