Home 12 Berita 12 Selayang Pandang SMP Al Kautsar Bandar Lampung

Selayang Pandang SMP Al Kautsar Bandar Lampung

SMP AL Kautsar Bandar Lmapung

SMP AL Kautsar Bandar Lmapung

Sejarah

Berdasarkan tuntutan umat Islam untuk berperan serta mendidik generasi muda Islam yang siap untuk berkiprah dalam pembangunan dunia menuju pembangunan negara yang “Baldatun Toibatun Warrobbun Ghofur” suatu masyarakat Indonesia yang adil dan makmur dan diridhoi oleh Allah SWT, serta siap mengisi jiwa dan raganya sesuai dengan ajaran Islam.

Untuk mewujudkan tuntutan di atas, maka kelompok pengajian Al-Amal Lampung mengeluarkan pernyataan kesepakatan/mandat dengan Nomor: Khusus/Al-Amal/1991 membentuk Pengurus Yayasan Al-Kautsar Lampung, dan ditetapkan sebagai pelindung, Bapak Poedjono Pranyoto selaku Gubernur KDH Tk.I Lampung dan Ketua Ibu Sri Mulyati Poedjono. Berdasarkan mandat tersebut, Ketua Yayasan mengeluarkan surat keputusan Nomor 001/I/SK/YPD/1991 tanggal 16 Januari 1991 tentang Pembentukan Perguruan Al-Kautsar Bandar Lampung.

Berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 1497/I12.B1/U/1992 tanggal 27 Mei 1992, menyetujui pendirian sekolah dengan nama SMP Al-Kautsar Bandar Lampung , NSD : L.04082028, NSS : 202126007183 dan berlaku surut TMT 1 Juli 1991. Tahun Pelajaran 1992/1993 penerimaan siswa baru berhasil menjaring 40 siswa yaitu 24 siswa putra dan 16 siswa putri. Mengingat Yayasan Al-Kautsar belum memiliki gedung sendiri, maka Yayasan Al-kautsar bekerjasama dengan pihak SMP Negri 2 Tanjungkarang untuk menumpangkan siswa-siswinya belajar di SMP Negeri 2 Tanjungkarang.

Tanggal 23 Agustus 1992 dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Kampus Al-Kautsar dijalan Soekrno-Hatta (Depan Islamic Centre) oleh Bapak Poedjono Pranyoto, Gubernur KDH Tk.I Lampung . Unit gedung yang pertama dibangun adalah gedung SMP, dan mulai tahun Pelajaran 1993/1994 kegiatan belajar megajar dilakukan di gedung SMP Al-Kautsar.

Kegiatan Penunjang

Kegiatan penunjang SMP Al-Kautsar antara lain:

  1. Pesantren Kilat (Sanlat)

Pesantren Kilat bertujuan menanamkan nilai-nilai keislaman kepada siswa melalui kegiatan sehari-hari dalam bentuk ibadah maupun muamalah. Selama menjadi siswa, Sanlat diikuti selama 3 kali, yaitu Sanlat Siswa Baru dilaksanakan sebelum atau sesudah Masa Orientasi Sekolah (MOS), Sanlat Ramadhan yang dilaksanakan saat di kelas VIII pada bulan Ramadhan, dan Sanlat Nasional dilaksanakan saat kelas IX.

  1. Masa Orientasi Sekolah (MOS)

MOS bertujuan untuk memperkenalkan sekolah melalui kegiatan wawasan wiyatamandala. Kegiatan ini wajib diikuti oleh siswa baru kelas VII.

  1. Orientasi Disiplin Siswa (ODS)

ODS bertujuan menanamkan kedisiplinan yang tinggi kepada siswa. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama dengan pihak lain seperti : Puma Paskibra Indonesia atau Gerakan Pramuka, Kepolisian atau Tentara. Kegiatan ini wajib diikuti oleh siswa kelas VIII.

  1. Wisata Ilimiah

Wisata Ilmiah bertujuan untuk mengimplementasikan pelajaran teoritis dan mengetahui situs-situs purbakala dan tempat-tempat bersejarah di Indonesia serta memberikan penyegaran setelah mengikuti pelajaran di kelas.

  1. Out Door Study

Out Door Study bertujuan untuk menambah wawasan ilmiah siswa dengan mengunjungi objek-objek ilmiah antara lain pabrik, perusahaan, instansi pemerintahan, penerbitan/media massa, dan objek ilmiah lainnya.

  1. Kegiatan Ekstrakulikuler

Untuk mengembangkan bakat dan minat siswa serta dalam rangka menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri, perlu dikembangkan kegiatan ekstrakulikuler.

 

SARANA DAN PRASARANA

Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Perguruan Al-Kautsar dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu sarana dan prasarana umum dan sarana dan prasarana khusus/unit. Sarana dan prasarana umum adalah sarana dan prasarana yang dapat dipergunakan oleh semua civitas akademika Al-Kautsar mulai dari TK sampai dengan SMA dan unit-unit lainnya. Sarana dan prasarana umum terdiri dari:

1. Kampus seluas lebih dari 5 Ha dan terus bertambah, selain untuk gedung-gedung sekolah juga disiapkan untuk halaman bermain yang cukup luas serta plaza upacara yang dapat menampung lebih dari 3000 siswa.

1. Jembatan penyeberangan yang menghubungkan Kampus Al-Kautsar dengan Masjid Raya Nurul Ulum (Islamic Centre) yang akan memberikan rasa aman bagi siswa-siswi untuk melakukan Shalat Dzuhur berjamaah di Masjid Raya Nurul Ulum.

1. Sarana kegiatan olahraga seperti Bola Basket, Bola Voley, Bola Kaki, Softball, Bulu Tangkis, dan kegiatan olahraga lainnya.

1. Kantin sekolah dengan luas bangunan 642m 2, terdiri dari 19 kios dan ruang makan seluas 428m 2 yang dilengkapi dengan tempat duduk dan meja makan yang dibuat permanen dan tersusun rapi.

1. Sarana dan prasarana khusus atau yang dimiliki oleh unit sekolah atau unit pendukung lainnya dapat dilihat pada sekolah/unit masing-masing.

Anggota-anggota yang berada pada Struktur Organisasi Yayasan Al Kautsar saat ini adalah sebagai berikut:

Pembina Yayasan :

* Drs. H. Suwardi Ramli
* Drs. H. Fauzie Saleh
* H. Dulhai Tabahhassa
* May.Jend. (Purn) H. Namoeri Anoem

Pengawas Yayasan :

* Ir. H. Muswardi Thaher
* Drs. H. Mawardi AS.
* H. Kariyotomo
* H. Satijo, S.H.

Pelaksana Harian SMP

* Kepala Sekolah                           : Dra. Hj. Sri Purwaningsih

* Waka Kesiswaan                        : H. Choirul Saleh, S.S, M.Pd.

* Waka Kurikulum                       : Rudiyanto, S.Pd.

* Waka Sarana dan Prasarana   : Harsono, S.Pd.

 

Sejarah Berdasarkan tuntutan umat Islam untuk berperan serta mendidik generasi muda Islam yang siap untuk berkiprah dalam pembangunan dunia menuju pembangunan negara yang “Baldatun Toibatun Warrobbun Ghofur” suatu masyarakat Indonesia yang adil dan makmur dan diridhoi oleh Allah SWT, serta siap mengisi jiwa dan raganya sesuai dengan ajaran Islam. Untuk mewujudkan tuntutan di atas, maka …

Review Overview

Selayang Pandang SMP Al Kautsar Bandar Lampung

Summary : Berdasarkan tuntutan umat Islam untuk berperan serta mendidik generasi muda Islam yang siap untuk berkiprah dalam pembangunan dunia menuju pembangunan negara yang “Baldatun Toibatun Warrobbun Ghofur” suatu masyarakat Indonesia yang adil dan makmur dan diridhoi oleh Allah SWT, serta siap mengisi jiwa dan raganya sesuai dengan ajaran Islam.

User Rating: 4.13 ( 2 votes)
0

2 comments

  1. eka kurnianingsih

    kapan akan dibuka penerimaan peserta didik baru?

  2. Penerimaan siswa baru dimulai pada tanggal 7 maret 2015 bu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*