Home 12 Berita 12 Sanlat Ramadhan Meningkatkan kesadaran beribadah

Sanlat Ramadhan Meningkatkan kesadaran beribadah

SMP Al Kautsar-Berita rohis Sanlat Ramadhan. SMP Al Kautsar menggelar pesantren kilat (sanlat) untuk para siswanya selama tiga hari, Senin (13/6) hingga Rabu (15/6). Kegiatan pesantren kilat di bulan Ramadan ini untuk meningkatkan pengetahuan keagamaan siswa, kesadaran serta kemandirian dalam beribadah.

Ketua Pelaksana Sanlat SMP Al Kautsar, Arismun mengatakan pesantren kilat Ramadan ini diiikuti oleh 302 siswa yang naik ke kels VIII. Dia mengatakan sanlat merupakan program rutin sekolah yang dilaksanakan setiap tahun untuk mengisi amaliah Ramadan semi terciptanya siswa yang berilmu, berakhlak mulia, serta memiliki semangat beribadah yang tinggi dan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami berharap, sanlat ini dapat meningkatkan kesadaran beribadah mendiri pada siswa sehingga melakukan segala bentuk kegiatan ibadah secara mandiri, tanpa perlu menunggu komando atau perintah dari guru lagi,” ujar Arismun, kemarin (15/6).

Dia menjelaskan, beberapa materi yang disampaikan selama tiga hari sanlat antara lain aqidah, tahsin, akhlak, ibadah, zikir dan doa. Kegiatan ini menghadirkan tutor dari dosen Universitas Lampung, IAIN Raden Intan, serta guru-guru Pendidikan Agama Islam di Bandar Lampung.

Menurut dia, di hari terakhir pelaksanaan sanlat, para tutor akan mengidentifikasi kompetensi salat masing-masing siswa. Hasil pemantauan ini kemudian menjadi catatan bagi para guru wali kelas dan guru agama untuk melakukan bimbingan dan pembinaan selanjutnya.

“Sanlat Ramadhan Meningkatkan kesadaran beribadah” “SMP Al Kautsar-Berita rohis Sanlat Ramadhan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*