Home 12 Berita 12 Rahma Nur Jannati Kembali raih Juara Olimpiade

Rahma Nur Jannati Kembali raih Juara Olimpiade

Siswa SMP Al Kautsar, Rahma Nur Jannati kembali meraih Juara II Olimpiade Fisika Tingkat Provinsi Lampung, setelah sebelumnya berhasil meraih Juara I Mata Pelajaran IPA di Ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kota Bandar Lampung.

Pembina Olimpiade Fisika SMA Al Kautsar, Yudistra mengatakan ajang Olimpiade Fisika yang diikuti oleh puluhan siswa SMP dan MTs se Provinsi Lampung ini digelar oleh Program Studi Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung (FKIP-Unila). “Ajang Olimpiade Fisika ini merupakan agenda tahunan Prodi Fisika FKIP Unila. Kegiatan lomba dimulai sejak Sabtu (31/03/2018) yang merupakan babak penyisihan, dilanjutkan pada Minggu (01/04/2018) babak final,” ujar Yudistra, kemarin.

Menurut dia, di babak penyisihan, para peserta harus mengerjakan tes tertulis berupa 25 soal essay berupa pemahaman konsep. Bagi yang lolos ke babak final ditantang untuk menyelesaikan 10 soal essay analisis dalam waktu 150 menit. “Alhamdulillah, diajang ini siswa Al Kautsar atas nama Rahma Nur Jannati berhasil meraih juara II, dan mendapatkan piala, piagam serta uang tunai Rp740 ribu,” tuturnya.

Rahma Nur Jannati memegang piala dan piagam saat menjuarai olimpiade Fisika di Unila

Rahma Nur Jannati memegang piala dan piagam saat menjuarai olimpiade Fisika di Unila

WhatsApp Image 2018-04-02 at 17.55.32

Yudistra mengatakan, persiapan yang dilakukan menjelang lomba tidak hanya melalui pembinaan di internal sekolah oleh guru melalui kelompok tim OSN IPA, tapi juga mengikuti pembinaan dari Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung, serta belajar mandiri di rumah dan mengikuti bimbingan belajar di lembaga luar sekolah.

Sebelumnya, dari 9 siswa Bandar Lampung yang maju ke OSN Tingkat Provinsi pada 20-21 April mendatang, dua diantaranya merupakan siswa SMP Al Kautsar yaitu Rahma Nur Jannati (Juara I IPA), dan Camel A Rizky (Juara III IPS). Kepala SMP Al Kautsar, Sri Purwaningsih mengharapakan dua siswa Al Kautssr yang lolos ke ajang OSN tingkat provinsi dapat lolos ke tingkat OSN tingkat nasional.

“Harapannya tentu yang terbaik ya. Lolos ke OSN tingkat nasional, kalau bisa meraih medali, ” ujar Sri Purwaningsih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*