Home 12 Berita 12 Pramuka SMP Al Kautsar Helat Perkemahan Jumat, Sabtu, Minggu (Perjusami)

Pramuka SMP Al Kautsar Helat Perkemahan Jumat, Sabtu, Minggu (Perjusami)

Pramuka SMP Al Kautsar Bandar Lampung

Pramuka SMP Al Kautsar Bandar Lampung

SMP Al Kautsar-Ekskul Pramuka SMP Alkautsar melaksanakan Perkemahan Jumat—Sabtu—Minggu (Perjusami), di lapangan outbond Alkautsar, pada 15—17 Mei kemarin.
Pembina Pramuka SMP Alkautsar Kismanto mengatakan dalam kegiatan Perjusami ini sekaligus melantik 31 pramuka penggalang, yakni tingkat Ramu 19 orang, tingkat Rakit 10 orang dan tingkat Terap 2 orang. Menurut Kismanto selama tiga hari Persami juga diisi dengan lomba memasak, futsal dan hiking antar peserta Persami. “Pada Jumat malam dilakukan training motivasi dengan mengundang pembicara daai Lembaga Dakwah Sekolah Lampung, Ahmad Rifki,” kata Kismanto, Rabu (20/5).
Kismanto mengatakan, kegiatan pramuka sangat bermanfaat bagi para siswa, terutama dalam menanamkan karakter disiplin, tanggungjawab, daya juang, dan kepemimpinan. Karena itu, ditingkat masional sedang diwacanakan untuk menjadikan pramuka sebagai ektrakurikuler wajib. “Kalau di Alkautsar sudah sejak dua tahun ini diterapkan bahwa pramuka menjadi ekstrakuriuler wajib bagi guru dan siswa kelas VII semester I. Setelah itu selanjutnya menjadi ektrakurikuler pilihan,”tambahnya.
Selain Kismanto, juga ada guru pembina pramuka putri, Warsiyem. Warsiyem menjelaskan beberapa materi yang menjadi fokus pramuka penggalang diantaranya kecakapan bari berbaris, tali temali, dan sandi. “Jadi, di tingkat SMP ini kami menekankan pada pencapaian syarat kecakapan umum itu,” ujar Warsiyem.
Kismanto dan Warsiyem berharap, ke depan, pramuka Alkautsar bisa meraih prestasi yang lebih baik. Kismanto mengatakan, selama ini tim Pramuka Alkautsar sering ikut dalam berbagai even pramuka baik tingkat kota ataupun provinsi.
“Sebenarnya ekskul Pramuka ini sudah banyak meraih prestasi, yang paling baru sekitar dua bulan yang lalu, tim Pramuka  SMP Al Kautsar meraih juara II LCT Morse, dan harapan II PBB pada perlombaan Pramuka tingkat provinsi yang diadakan oleh MAN 1 Bandar Lampung . Tapi, kami berharap ke depannya lebih baik lagi, kalau bisa prestasinya ditingkatkan, meraih juara I atau juara umum, bahkan ke tingkat nasional,” kata Kismanto.
“Pramuka SMP Al Kautsar Helat Perkemahan Jumat, Sabtu, Minggu (Perjusami)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*