Home 12 Berita 12 Pelaksanaan UN SMP Al Kautsar Berlangsung Tertib

Pelaksanaan UN SMP Al Kautsar Berlangsung Tertib

Murid SMP Al Kautsar mengerjakan Ujian Nasional Matematika dengan serius

Murid SMP Al Kautsar mengerjakan Ujian Nasional Matematika dengan serius

Pelaksanaan ujian nasional (UN) di SMP Al Kautsar berlangsung dengan tertib. Sebelum melaksanakan ujian di hari pertama, Senin (9/5), untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, seluruh siswa diminta mengumpulkan tas dan alat-alat komunikasi di depan ruang kelas. Pada guru pengawas yang berasal dari sekolah berbeda juga melaksanakan pengawasan dengan ketat.

Suasana di likungan sekolah SMP Al Kautsar lengang, 311 siswa kelas IX melaksanakan ujian di ruang kelas lantai II dan III. Kepala SMP Al Kautsar Sri Purwaningsih mengatakan hari ini seluruh siswa hadir mengikuti ujian hari pertama. “Untuk UN SMP ini, setiap hari satu mata pelajaran,” kata Sri Purwaningsih, Senin (9/5).

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Choirul Saleh menjelaskan jadwal UN SMP yakni Senin—Kamis (9-12/5), pada hari pertama ujian Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris, dan hari keempat IPA. Menurut dia, sebelum pelaksanaan UN, pihak sekolah sudah memberikan pelajaran tambahan, pendalaman materi dan latihan soal untuk menghadapi UN.

Bahkan, pada Jumat (6/5) lalu, siswa kelas IX yang akan mengikuti UN juga melaksanakan doa bersama dan mendengarkan siraman rohani yang disampaikan oleh ustad Azkan Ihsan. Doa bersama ini bertujuan memantapkan mental siswa sehingga bisa tenang dan percaya diri mengerjakan soal UN.

Sementara itu, salah satu siswa SMP Al Kautsar Dika Afra mengaku mampu mengerjakan ujian Bahasa Indonesia dengan baik. Menurut dia, ada 50 soal ujian yang sebagian besar merupakan bacaan yang cukup panjang-panjang. “Bacaannya banyak, tapi Alhamdulillah bisa dijawab. Semua soal ujian merupakan materi yang sudah pernah dipelajari di sekolah,” kata Dika.

Apalagi dengan adanya tambahan jam pelajaran, pendalaman soal dan latihan soal yang diadakan pihak sekolah sejak tiga bulan lalu, sangat membantu kesiapan siswa. “Banyak soal-soal yang mirip dengan latihan selama ini, optimis bisa,” katanya.

“Pelaksanaan UN SMP Al Kautsar Berlangsung Tertib”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*