Home 12 Berita 12 Nur Eka raih Juara III Olimpiade Biologi se-Sumbagsel

Nur Eka raih Juara III Olimpiade Biologi se-Sumbagsel

Siswa SMP Al Kautsar Nur Eka Diana menyabet juara III olimpiade biologi tingkat SMP sederajat se-Sumbagsel di ajang Gebyar Mahasiswa Pendidikan Eksakta (Gempita) FKIP Universitas Lampung (Unila), 22 Februari lalu. Sementara juara I diraih oleh siswa MTsN 1 Pringsewu, dan juara II SMPN 1 Bandar Lampung.

“Pengumuman pemenang baru kami terima pada 25 Februari. Alhamdulillah, dari 9 siswa Al Kautsar yang kami kirim, salah satunya bisa meraih juara III,” kata Kepala SMP Al Kautsar Sri Purwaningsih, kemarin (1/3).

Dia mengatakan, sekitar tiga tahun ini, SMP Al Kausar selalu mengirimkan beberapa siswa untuk berlaga di ajang Gempita tingkat Sumbagsel tersebut, dan tahun ini berhasil mendapatkan juara. “Alhamdulillah, ada siswa Al Kautsar yang berhasil meraih juara III,” katanya.

Nur Eka Diana

Nur Eka Diana

Sementara itu, guru pembina olimpiade biologi SMP Al Kautsar Rosita mengatakan pada ajang ini ada sekitar 200 peserta yang mengikuti olimpiade empat mata pelajaran yaitu biologi, kimia, matematika, dan fisika. “Untuk masing-masing mata pelajaran pesertanya berkisar 33—50 orang,” kata Rosita.

SMP Al Kautsar, lanjutnya, mengirimkan sembilan siswa untuk mengikuti olimpiade untuk empat mata pelajaran tersebut, yaitu tiga siswa di olimpiade matematika, dua siswa mengikuti olimpiade biologi, dua siswa di olimpiade kimia dan dua siswa olimpiade fisika. “Para siswa ini dilatih sekitar seminggu sebelum perlombaan,” ujarnya.

Sementara itu, Nur Eka Diana mengatakan soal-soal pada olimpiade biologi berjumlah 45 soal pilihan ganda dan 5 soal esai. Menurut dia, sebenarnya soal-soal lomba tidak terlalu susah, tapi dia mengaku kurang mereview pelajaran kelas VII dan VIII. “Sebenarnya nggak susah, tapi saya yang kurang latihan. Ada beberapa soal yang sudah sering dikerjain waktu kelas VII dan VIII, tapi kurang review,” kata Eka.

Dia mencontohkan salah satu soal esai yaitu mengapa batang pohon yang tumbuh ditempat gelap lebih rapuh dibandingkan dengan pohon yang tumbuh di tempat terang. “Bisa sih ngejawabnya, tapi kurang lengkap dikit,” kata Eka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*