Home 12 Berita 12 Mading SMP Al Kautsar Pertahankan Juara Umum Gebyar Mading se-Sumbagsel

Mading SMP Al Kautsar Pertahankan Juara Umum Gebyar Mading se-Sumbagsel

Tim B Mading SMP Al Kautsar Bandar Lampung

Tim B Mading SMP Al Kautsar Bandar Lampung

SMP Al Kautsar – Untuk kedua kalinya secara berturut – turut tim mading SMP Al Kautsar menjadi yang terbaik dan meraih juara umum pada acara Gebyar mading SMP dan SMA se-Sumbagsel yang diadakan Unit Kegiatan Mahasiswa Pers Mahasiswa SUKMA (UKM SUKMA) Politeknik Negeri Lampung, Kamis (9/4).

Sebelumnya pada tahun 2014 Tim Mading SMP Al Kautsar yang mengangkat tema “katakan tidak pada menyontek” juga mendapat juara umum pada ajang yang sama. Pada tahun ini SMP Al Kautsar mengirimkan dua tim dalam perlombaan ini dan kedua tim tersebut memenangi perlombaan. Tim A yang terdiri dari Nisrina Athira Tifal, Safira Chika, Dwidika Bimakara dan Bila mendapat juara 1 sedangkan Tim B yang terdiri dari asa Hinjia, Nirwana Trihartati, Azzahra Lintang dan Anisa Mufida menempati urutan kedua. Dengan hasil itu SMP Al Kautsar berhak atas juara Umum dan memboyong piala bergilir Wali Kota Bandar Lampung untuk yang kedua kalinya.

Mading Tim B yang mengangkat tema berhenti menggunakan tisu dan menggantikanya dengan sapu tangan memilih desain mading buka tutup dengan gambar bola dunia yang menangis sebagi latar belakangnya. Sedangkan Tim A mengangkat tema reuse, reduce, recycle dan dilengkapi dengan gambar pohon yang menangis. Lomba pada tahun ini diikuti oleh 29 tim baik dari SMP maupun SMA.

Mading Tim A SMP Al Kautsar Bandar Lampung

Mading Tim A SMP Al Kautsar Bandar Lampung

Guru pembimbing mading SMP Al Kautsar Fatoni Latif mengatakan, lomba ini sebagai ajang pembelajaran siswa. Siswa belajar menulis, menggambar, mendesain, mempresentasikan tulisan dan bekerja secara kelompok. Menurutnya penilaian tidak hanya diambil dari tampilan mading saja akan tetapi dari isi mading dan presentasi siswa.

Dua kali mengikuti even tahunan Polinela ini, SMP Al Kautsar selalu menempati podium tertinggi. Fatoni berharap tahun depan timnya mampu mempertahankan piala bergilir ini.

Fatoni mengatakan, pembinaan mading di sekolahnya dilakukan dengan terlebih dahulu membentuk tim mading di setiap kelas. Setelah itu, sekolah melombakan mading-mading kelas sekali dalam tiga bulan.

”Dari pembinaan itu, nanti kami bisa memetakan kemampuan dan bakat para siswa. Mading dengan tema, isi, dan desain terbaik akan diberi penghargaan. Jika ada perlombaan mading, kami tinggal memilih para siswa yang berbakat ini dan dibina seminggu sebelum lomba,” paparnya.

“Mading SMP Al Kautsar Pertahankan Juara Umum Gebyar Mading se-Sumbagsel”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*