Home 12 Berita 12 Demo Ekskul SMP Alkautsar Meriah

Demo Ekskul SMP Alkautsar Meriah

Serah Terima Bendera
Ratusan siswa kelas VII SMP Alkautsar bergoyang bersama, Sabtu (6/9), di plaza SMP, mengikuti gerakan senam pinguin yang diperagakan tim dari ekskul pramuka. Aksi tim ekskul pramuka ini membuat heboh suasana siang itu.
Tidak hanya senam pinguin yang mampu mengajak para peserta ikut terlibat, tapi penampilan semaphore yang menggunakan dua bendera dalam berkomunikasi juga diminati oleh ratusan peserta. Semaphore termasuk salah satu bahasa sandi menggunakan bendera yang memiliki gerakan khusus untuk menyatakan huruf A hingga Z, juga angka-angka.
Kepala SMP Alkautsar Sri Purwaningsih mengatakan demo ekskul ini dalam rangka memperlihatkan kegiatan-kegiatan dan manfaat masing-masing ekskul kepada siswa baru.
“Melalui penampilan kakak-kakak kelasnya ini, siswa-siswa kelas VII ini nanti akan tahu kegiatan apa saja yang akan dilakukan di ekskul tersebut dan bisa memilih ekskul sesuai bakat dan minatnya,” ujar Sri Purwaningsih.
Koordinator Pembina Kegiatan OSIS SMP Agus Sugiarto menjelaskan demo ekskul ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu Jumat—Sabtu. Setiap hari ada empat ekskul yang ditampilkan. Pada Jumat dimulai dengan demo Rohis yang menampilkan dai, dilanjutkan ekskul musik dengan menampilan solo song, dan pameran wirausaha. Ditutup dengan aksi dari ekskul palang merah remaja (PMR). “PMR ini menampilkan tanggap darurat bencana, tim PMR membuat tandu darurat untuk memberikan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan,” ujar Agus.
Pada hari berikutnya dimulai dengan drumband Gema Estetika Nada, lalu tim karya ilmiah remaja (KIR) melakukan eksperimen gunung meletus dan robotik. Terakhir, penampilan dari tim ekskul olahraga yang melakukan atraksi sepak bola dan tekwondo.
Sebelum demo ekskul ini, sudah dilaksanakan pemilihan ketua OSIS baru periode 2015—2016 dengan ketua terpilih Adzkia Tiara Putri. Kemudian dilaksanakan latihan dasar kepemimpinan (LDK) yang diisi oleh kepala sekolah dan koordinator pembina OSIS.
“LDK ini bertujuan memberikan wawasan organisasi kepada para calon pengurus OSIS dan ekskul. Juga untuk membangkitkan rasa tanggungjawab terhadap program-program yang sudah dirancang,” kata Ketua Pelaksana LDK Fatoni.
“Demo Ekskul SMP Alkautsar Meriah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*